Menimang Kepala Daerah Cilacap Jalur Independen, Munginkah?

sumber: KPUD Cilacap
sumber: KPUD Cilacap

Gelar Pemilihan Kepala Daerah Cilacap, Jawa Tengah, tinggal 11 bulan lagi. Kasak-kusuk parpol terasa menggeliat. Pinang sana, lamar sini terjadi. Partai Politik sibuk menyiapkan kader, atau menjaring bakal calon dari luar partai.

Lalu, bagaimana dengan bakal calon jalur independen?

“Beberapa bakal calon, atau yang diprediksi akan mengajukan diri sudah mengumpulkan tandatangan dan KTP,” kata Ketua Forum Warga Sindangsari, Majenang, Hizi Firmansyah.

Kata dia, bahkan jumlah KTP yang dikumpulkan sudah mencapai ribuan. Namun, ia melihat ada ketidakseriusan dalam upaya pengumpulan KTP untuk maju lewat jalur independen.

“Ya, seperti ikut tren Ahok saja. Ahok yang begitu hingar bingar bakal maju lewat jalur independen menular ke daerah,” ujarnya.

Pengamat Politik Universitas Jenderal Soedirman, Indaru Setyo Nurprojo melihat fenomena calon independen sebagai ungkapan ketidakpuasan publik terhadap kepemimpinan yang ada saat ini.

“Calon pemimpin meremehkanpemilih. Mereka lebih mengutamakan partai politik. Karena, diakui atau tidak, jalur lempang ke kekuasaan memang lewat partai politik,” ujarnya di Purwokerto kepada wartawan.

Padahal, kata Indaru, saat ini sudah terjadi pergeseran pemilih yang cenderung menilai pemimpin bukan dari parpolnya, melainkan dari figur.

“Ini terlepas dari fenomena deparpolisasi atau tidak. Tapi faktanya memang seperti itu. Ada pergeseran menilai pemimpin dengan melihat figurnya,” jelasnya.

Sementara, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Cilacap, Akhmad Kholil mengatakan verifikasi calon independen akan dilakukan sekitar Bulan September 2016 mendatang. Atau jika dihitung dari sekarang tinggal enam bulan lagi.

“Kami akan mendatangi rumah per rumah orang yang mengumpulkan KTP untuk verifikasi. Atau jika tidak, dikumpulkan di sebuah tempat. Semuanya ada aturan mekanisme,” jelas Kholil.

Muhamad Ridlo

Suka bertani dan main layangan

2 thoughts on “Menimang Kepala Daerah Cilacap Jalur Independen, Munginkah?

  1. Cilacap butuh pemimpin yang mau membawa perubahan besar. Stok kader partai politik sepertinya mandeg. Wajah lama masih mendominasi bursa pencalonan bupati dan wakil bupati. Publik tahu, merekalah biang kerok permasalahan yang terjadi di Cilacap. Karena itu, forum warga harus mampu mengusung calon sendiri yang lebih bermutu. Sosok muda yang intelek, berani, dan mau bekerjasama dengan rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *