Forum Warga Nusawungu Kembangkan Pasar Online Produk Warga

workshop kelola konten web untuk pelaku usaha forum warga nusawungu cilacap

Forum Warga Nusawungu menyelenggarakan Workshop Kelola Konten Web, Minggu (10 April 2016). Acara digelar di Rumah Tun Habibah Jalan Jendral Soedirman RT 2 RW 1, Desa Danasri Kidul Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.

Ada 14 peserta workshop. Mereka merupakan delegasi forum warga tingkat desa yang tengah mengembangkan usaha produktif. Acara difasilitasi oleh Yossy Suparyo, biasa dipanggil Bang Yos, penggerak teknologi perdesaan. Dia berbagi strategi pengembangan usaha perdesaan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Industri-industri rumah tangga sulit berkembang karena ceruk pasar yang tersedia sangat terbatas. Mereka harus berlatih untuk mengembangkan strategi pemasaran online untuk memperluas pasar,” jelas Bang Yos.

Untuk itu Forum Warga Nusawungu tengah mengembangkan sistem dan fasilitas pasar online untuk mendukung pelaku usaha di wilayah Nusawungu melalui http://forumwarga.or.id.

“Anggota Forum Warga dapat memanfaatkan sistem itu untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka secara kolektif,” lanjutnya.

yossy suparyo berbagi penggunakan pasar online untuk pemasaran produk warga di forum warga nusawungu cilacap

Saat workshop teridentifikasi sejumlah produk unggulan di Nusawungu, seperti tas, batik, pakaian, telor asin, sriping pisang, pupuk organik, kesed perca, jasa rias pengantin, teralis, dan lain-lain. Produk-produk tersebut memiliki nilai-nilai kompetitif yang tinggi sehingga bisa bersaing dengan produk sejenisnya.

Workshop ini juga dihadiri oleh pelaku bisnis dan koperasi, Sindu Tile, warga Desa Klumprit. Dia berhasil menyabet British Council Award dari Kedutaan Inggris pada 2014 karena keberhasilannya mengembangkan bisnis sosial.

Dia berbagi pengalamannya dalam mengembangkan bisnis gula kelapa dan pemberdayaan masyarakat. Koperasi yang dia gagas mampu memberikan sisa hasil usaha (SHU) yang cukup besar pada anggota-anggotanya.

Workshop diakhiri dengan praktik unggah konten oleh peserta. Mereka menggunakan aplikasi telepon pintar berbasis Android untuk mengelola konten web. Mereka juga mengagendakan untuk menyelenggarakan workshop lanjutan. (TH)^

Tun Habibah

Warga Desa Danasri Kidul. Istiqomah menjadi tenaga pengajar. Menjadi fasilitator forum warga dan pengelola pusat teknologi komumitas untuk perlindungan buruh migran.

2 thoughts on “Forum Warga Nusawungu Kembangkan Pasar Online Produk Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *